KKN Tematik Penanggulangan Covid-19

0
604

Sebagai salah satu bagian dari kegiatan perkuliahan, Kuliah Kerja Nyata (KKN) diarahkan untuk pada pembelajaran mahasiswa tentang kehidupan bermasyarakat, dengan melaksanakan berbagai program pemberdayaan dimulai dengan identifikasi masalah, perencanaan, pemecahan, pelaksanaan, evaluasi dan pelaporan kegiatan. Bagi mahasiswa, pelaksanaan KKN diharapkan dapat menjadi suatu pengalaman belajar guna meningkatkan pengetahuan, kemampuan, dan kesadaran hidup bermasyarakat.Bagi masyarakat sasaran, kehadiran mahasiswa mampu memberikan manfaat baik dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, ekonomi, sosial, maupun kebudayaan, sehingga dapat mengarahkan pada terwujudnya masyarakat yang mandiri dan berdaya.

KKN merupakan salah satu wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian masyarakat. KKN merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa secara interdisipliner, institusional, dan kemitraan. Program pengabdian kepada masyarakat dipandang oleh Universitas Tidar sebagai program yang wajib dilaksanakan, baik oleh dosen maupun oleh mahasiswa. Pengabdian kepada masyarakat harus mendasarkan pada prinsip-prinsip kompetensi akademik, dan profesionalisme, sehingga dapat menghasilkan program yang bermutu, relevan, dan sinergis dalam meningkatkan pemberdayaan .

Kegiatan KKN ditujukan untuk peningkatan relevansi pendidikan tinggi dengan kebutuhan masyarakat terhadap ilmu pengetahuan, teknologi, serta seni dalam kehidupanya. Selain itu, KKN juga ditujukan untuk meningkatkan persepsi mahasiswa tentang relevansi antara kurikulum yang dipelajari di kampus dengan realita kehidupan bermasyarakat. Program KKN merefleksikan pengetahuan teoretik yang disinergikan dengan pengalaman di lapangan serta diharapkan mahasiswa dapat meningkatkan potensi, pengetahuan, kemampuan yang dimilikinya, dan mengembangkan kesadaran baru tentang masyarakat, bangsa, dan tanah airnya maupun tentang dirinya sendiri, yang akan sangat berguna sebagai bekal menjadi sarjana.

Dalam menyikapi perkembangan bangsa terkini, Universitas Tidar merasa perlu berkontribusi dalam pencegahan dan penanganan Covid-19. Saat ini angka penularan masih terus meningkat. Berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan Penangguangan Covid-19, pada tanggal 5 Juni 2020, jumlah penderita secara nasional telah mencapai 28.818 jiwa, dengan korban meninggal 1.721 jiwa. Dari waktu ke waktu kasus baru positif penderita Covid-19 juga terus mengalami peningkatan, bahkan belum menunjukkan tanda-tanda penurunan.

Untuk Pelaksanaan KKN dalam masa pandemik ini, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu (LPPM-PMP) merumuskan KKN Tematik di Masa Pandemi Covid-19 dalam rangka melaksanakan program akademik Universitas Tidar serta mendukung penanggulangan Covid-19. KKN Tematik adalah program Kuliah Kerja Nyata dengan fokus yang spesifik dengan ciri:

(1) relevan dengan program pembangunan daerah atau pemerintah pusat;

(2) relevan dengan kebutuhan masyarakat; dan

(3) relevan dengan visi, misi, renstra, kepakaran, dan IPTEKS yang dimiliki UNTIDAR. ProgramĀ  KKN ini telah terjadwal secara akademik di Universitas Tidar. Oleh karena itu, percepatan penanggulangan Covid-19 sangat srategis jika dilakukan dengan KKN secara tematik.

Dengan dasar hukum yang tercantum dibawah ini :

  1. Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2020 Tentang Kebijakan Keuangan Negara Dan Stabilitas Sistem Keuangan Untuk Penanganan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Dan/Atau Dalam Rangka Menghadapi Ancaman Yang Membahayakan Perekonomian Nasional Dan/Atau Stabilitas Sistem Keuangan
  2. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2020 Tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19)
  3. Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2020 Tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19)
  4. Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Corona Virus Disease 2019 (Covid- 19)
  5. Keputusan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nomor : 13.A Tahun 2020 Tentang Perpanjangan Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Wabah Penyakit Akibat Virus Corona Di Indonesia
  6. Surat Edaran Mendikbud Nomor : 37676/A.A2/Ku/2020 Hal : Refocussing Anggaran Dan Penggunaan Anggaran Untuk Mendukung Bekerja Dari Rumah Dalam Rangka Pencegahan Corona Virus Disease 2019
  7. Surat Edaran Mendikbud Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pencegahan Corona Virus Disease (Covid-L9) Pada Satuan Pendidikan
  8. Surat Mendikbud No : 36362/Mpk .A/Hk/2020 Hal : Pembelajaran Secara Daring dan Bekerja Dari Rumah Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (Covid- 19)
  9. Surat Edaran Rektor Nomor 17/UN57/SE/TU/2020 tentang Pelaksanaan Kegiatan Akademik di Masa Darurat Covid-19 yang Dilaksanakan Secara Daring.
  10. Keputusan Menteri Kesehatan No. HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Tempat Kerja, Perkantoran, Industri, Dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha Pada Situasi Pendemi.

Maka disusunlah Buku Panduan KKN Tematik Penanggulangan Covid-19 yang bisa diunduh pada tautan dibawah ini:

Panduan KKN Tematik Untidar

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here